cerpen : seorang cewek munafik...

Di sebuah taman pingiran kota yang terlihat masih sangat hijau dan asri. Di sana-sini taman terdapat banyak bunga yang berwarna-warni membuat hati orang-orang menjadi tenang. Tempat ini sangat indah tapi sayangnya hanya segelintir orang saja yang tahu keberadaan tempat ini hal inilah yang memungkinkan tempat ini tetap asri hingga sekarang. Di sebuah kursi taman yang berada di bawah pohon terdapat seoarang wanita tua yang sedari tadi menatap kosong ke arah sebuah air mancur yang sedari tadi memuncratkan air yang berwarna bening.
Di sampingnya ada seorang pemuda yang sedari tadi mendengar lagu Sheila on 7 dari MP4-nya. Dia sepertinya sangat menikmati lagu yang sedang ia dengar sesekali terlihat dia menyanyikan bait-bait lagu tersebut. Saat Galang membuka matanya yang sedari tadi tertutup sangking sedang menghayati lagu yang sedang ia dengarkan lewatlah sepasang kekasih yang sepertinya ingin mojok di sekitar areal taman. Galang menatap mereka dengan jijik. Dasar cewe’! geram Galang dalam hati. Sebenarnya ia gak membenci semua cewe’ di dunia. Dia hanya benci melihat cewe’ yang munafik. Cewe’ yang gak bisa berkata jujur.
Melihat pasangan tersebut seketika saja pikiran Galang melayang dan kosong. Tiba- tiba saja ia teringat pada masa lalunya saat ia masih duduk di bangku kelas dua SMP. Masa lalu yang beranggapan bahwa makhluk bernama cewe’ ini adalah makhluk yang munifik.
1 setengah tahun yang lalu di SMP merdeka…
“ Woy, Lang..! mau kemana loe ? katanya sekarang kita mau latihan upacara.. “ teriak Adi kepada Galang. “ Tenang aja, bro…!! sebelum latihan di mulai gua bakal datang lagi koq..! “ balas Galang juga dengan teriakan. Galang berlari menuju sebuah kelas di ujung lorong. Sebenarnya sebulan belakangan ini ia sedang dekat dengan seorang cewe’. Cewe’ itu kayanya udah berhasil meluluhkan hati Galang yang selama ini cuek dengan yang namanya cewe’. Ia berkenalan dengan cewe’ itu baru sebentar kira2 satu bulan yang lalu ketika mereka telat bareng itu pun tanpa sengaja. Galang berlari sambil mengingat kejadian saat ia telat bareng dengan cewe’ tersebut.
“ Hah..!! Pak buka dong pagarnya.. saya kan baru telat 5 menit..” pinta Galang dengan wajah memelas. “ Tidak bisa…!! Saya hanya menjalankan perintah dari kepala sekolah..” Tolak Satpam yang sedang bertugas pada hari itu. “ Ayo dong, pak…! Saya ada ulangan nie.. “ lagi-lagi dengan wajah yang memelas bahkan lebih memelas dari sebelumnya. Tapi emang dasar tuh Satpam kepala batu kali ya.. masih aja dia ga mau ngebukain tuh pager.. Saat lagi asyik-asyiknya melas ternyata ada satu orang lagi yang telat. Seorang Cewe’. “ Pak bukain dong..!! saya dah telat nie..!! ulangan nie…” pinta cewe’ itu sedikit maksa dan berteriak jauh beda dengan cara Galang yang sedari tadi mengeluarkan tampang memelas. Pak Satpam hanya geleng-geleng kepala mendengar permintaan cewe’ tersebut. Malas meladeni satpam tersebut Galang langsung berlari menuju arah belakang sekolah. Galang sepertinya mengincar bagian pagar yang pendek di sekitar belakang sekolah. Mengetahui hal itu cewe’ tersebut pun ikut berlari mengikuti Galang. Awalnya Pak Satpam mengira kalau mereka berdua menyerah dan pulang kerumah mereka tapi kayanya dia salah deh. Soalnya sekarang Galang sudah berhasil memanjat pagar belakang sekolah. “Fiuh.. berhasil juga gua masuk sekolah..” piker Galang dalam hati. Saat Galang ingin berlari menuju kelas tiba-tiba ia mendengar suara yang mengagetkan dirinya. “ Woy..! jangan tinggalan gua dong..!! bantuin gua manjat sii…! Gua gak bisa manjat nih..” pinta cewe’ tersebut mengagetkan Galang yang sebelumnya mengira kalau suara tersebut adalah suara seorang guru. “ Gua kirain sapa lo ini… huh ngagetin aja..! yawdah cepetan manjat..! “ “ Gak bisa..! gua gak bisa manjat lo tolongin gua dong..! ” “ Huuh.. yawdah cepat manjat nanti lo gua bantu…” “ Yawdah tapi lo tangkep gua di bawah ya..! “ pinta Cewe’ itu memelas.. “ Yawdah..! cepetan soalnya pelajaran pertama ulangan nih gua..” Cewe’ tersebut akhirnya dapat mencapai puncak pagar dengan bersusah payah. Sekarang ia lagi bingung gimana caranya ia turun. “ Woy..! tangkepin gua di bawah ya..! awas kalo gua sampe jatuh ..! “ ancam Cewe tersebut kepada Galang sambil mengacungkan kepalan tangannya. “ Iya, iya..! cerewet banget sih lo ini..! cepetan dong tingggal lompat aja koq susah amat kale..” ucap Galang sedikit gereget karena dari tadi cewe’ itu gak berani untuk turun. Tapi, tiba-tiba aja cewe’ tersebut tergelincir dan seketika saja ia terjun bebas ke bawah. Galang yang lagi gak siap secara reflek langsung berlari menyambut tubuh cewe tersebut dengan tubuhnya. BRUUUKKK….!!! Bunyi yang sangat keras. “ Aww..!! lo ini berat tau..! cepet turun dari badan gua gak..!! “ teriak Galang sambil memukul-mukulkan tangannya ke lantai. “ Ups.. sory !! gak sengaja beneran tadi gua kepleset dari atas. Hehe…. “ jawab Cewe’ misterius itu santai sambil nyengir dan mulai berdiri dari badan Galang. Setelah beban yang menimpa tubuhnya hilang Galang langsung saja berdiri dan langsung membunyikan pinggang-pinggangnya yang serasa mau patah. Saat Galang sedang melakukan pengecekan karena takut salah satu tulang di tubuhnya patah tiba-tiba saja terdengar suara yang berat mengagetkan mereka berdua. Suara yang paling gak mau mereka denger pada saat ini… “ Hei !! Kalian habis melompat dari pagar ya..? Ayo sekarang kalian berdua ikut Bapak ke ruang guru..” perintah Pak Marwan kepada kedua muridnya yang ketahuan melompat dari pagar. Mampus gue..! ucap mereka berdua bersamaan di dalam hati. Di ruang guru mereka berdua di sidang oleh Pak Marwan beserta guru-guru yang lain. Mereka hanya bisa diam entah karena males menjawab atau karena semua yang guru-guru ucapkan benar. Kira 30 menit berlalu akhirnya penyidangan guru-guru tersebut mereda dan akhirnya mereka di perbolehkan untuk masuk ke dalam kelas setelah membuat surat perjanjian. Akhirnya Galang keluar dari ruang guru dengan wajah masam karena tahu bahwa sudah telat sekali kalo dia mau mengikuti ulangan, sehingga ia urungkan niatnya untuk masuk ke kelas. Beda Galang beda juga sama cewe’ misterius itu. Dia kelihatannya sangat senang dan berjalan tanpa beban. Melihat cewe’ itu malah bikin muka Galang tambah masam saja. Gimana enggak coba bayangin pinggangnya udah hamper patah tapi tuh cewe’ masih aja bisa berjalan tanpa rasa bersalah. “ Hei..!! ngapain lo cemberut aja..?? Haha.. gua tahu pasti lo dah telat untuk ikut ulangan ya..? “ Tanyanya ramah kepada Galang tanpa rasa bersalah. Huh..!! nyebelin banget sii nih cewe’..! Udah gua tolongin juga tapi, terima kasih aja enggak..! Abis itu seneng banget kali gara-gara gua bisa ikut luangan..! Geram Galang dalam hati. “ Ihh..!! koq diem aja sii…? Lagi sakit gigi ya..? “ Tanya cewe’ itu lagi. “ Enggak.. cuman lagi males ngomong aja.. “ ucap Galang sambil bersiap untuk ngeloyor pergi. “ Eh…! Uy Jangan pergi dulu dong..! “ teriak Cewe itu sambil ngejar Galang. “ UY.UY..!! nama gua bukan UY. Kale…” “ Sorry, Oia, gua lupa kita belum kenalan ya..?? kenalin gua Della, Della puspita Sari.. “ Ucap cewe’ yang ternyata bernama Della itu sambil mengulurkan tangan kepada Galang. Mau gak mau Galang pun harus membalas sodoran tangan Della. Ya meskipun sebenarnya Galang males banget kenalan sama cewe’ itu. “ Gua Galang.. Oia kalo gak ada urusan lagi tolong minggir ya..! gua mau ke kantin” Jawab Galang dengan muka sedikit Jaim. “ Tunggu gua cuman mau bilang terima kasih aja. Soalnya tadi lo dah Bantu gua. Hehe… kalo gak ada lo mungkin sekarang gua sudah pulang kali ya. Tapi sudah susah-susah masuk, eh malah kepergok guru.memang apes kali ya. Mana gua juga gak bisa ikut ulangan lagi. Huuh bikin tambah bete aja …!” Ucap Della berapi-api dengan mimic yang sangat lucu dan dengan sedikit memonyongkan mulutnya. Melihat itu Galang jadi ketawa dalam hati. Wah ternyata asyik juga nih cewe’ ya.. hehe..!! ucap Galang dalam hati. Sangking gak tahannya melihat tampang tuh cewe’ Galang sampe ngakak.. “ Ihh.. koq lo malah ketawa sii..??!! seneng ya liat gua sedih..? huh..! “ ucap Della dengan lebih memonyongkan bibirnya yang indah. “ Hmmmppphhh…! Sorry soalnya muka lo lucu banget sih..!! apalagi kalo lagi cemberut makin imut aja..!! hehe..” “Ye, emang dari sananya kale kalo gua itu imut. Haha… Oya, lo ada kerjaan gak..? kalo gak ada lo ngobrol yuk..! “ Ajak Della kepada Galang. “ Boleh..! Gua juga kayanya gak ada kerjaan ni.. oya, gimana kalo kita ke pohon sana yuk biar adem..” Ajak Galang sambil menunjuk sebuah pohon yang cukup rindang. Obrolan-obrolan mulai tercipta setelah mereka sampai di pohon tersebut. Mereka kelihatan akrab sekali . Sesekali mereka tertawa bersama ketika sedang membahas sesuatu yang lucu. Mulai hari itu Galang jadi sering terlihat bersama dengan Della. Pergi ke kantin bareng, ke toko buku, dll. Di luar sekolah pun mereka masih berhubungan dengan SMSan. Kayanya mereka dekat banget deh. Sampai-sampai mereka gak sadar bahwa ada sesuatu yang tumbuh di hati Galang, perasaan Sayang. Tiba-tiba aja lamunan Galang buyar. Sepertinya ia telah sampai di kelas Della. Di sana terlihat sepi hanya terlihat seorang cewe’ dengan rambut yang sedikit ikal sedang membereskan buku. Ya itu Della, cewe yang sedang di cari-cari oleh Galang. Secepat kilat Galang langsung saja berlari menuju belakang Della. “ DOR..!! “ teriak Galang di belakang Della. “ AAAKHH.!! Ihh, Galang..! Ngagetin gua aja sih lo ini.. “ “ Sory-sory, oya lo ada waktu gak..? bisa kita berbicara sebentar..serius..” Tampang Galang langsung aja berubah serius saat mengucapkan kata serius. “ Boleh.. mau ngomongin apa memangnya, Lang..? Serius banget.. “ “ Del, lo sadar gas sih..? Semenjak lo datang di kehidupan gua, lo dah bikin hari gua tambah berwarna, lo selalu bikin gua bahagia, dan satu hal yang telah lo lakukan ke gua yang gak mungkin bisa gua lupain….” Galang berhenti sejenak untuk mengambil napas “ Ya, lo dah nanemin benih di dalam hati gua. Benih Cinta…” Keringat terlihat bercucuran di dahi Galang gak hanya itu bunyi detak jantung Galang gak kalah hebohnya dengan hatinya yang sedang jungkir balik. “ Lo mau gak jadi Pacar gua yang akan selalu ada di samping gua “ Selesai berkata itu Galang langsung meraih tangan Della dan di taruh di dadanya. “ Ya, gua akuin gua juga mersakan hal yang sama dengan lo. Gua seneng banget bisa deket sama lo, gua bahagia banget. Tapi gua minta maaf, gua gak bisa nerima lo jadi pacar gua. Gua udah punya komitmen bahwa gua gak bakal pacaran saat SMP soalnya gua juga mau serius belajar.” Della langsung menarik kembali tangannya dari genggaman Galang. Seperti mendengar bunyi petir di siang bolong, Galang langsung saja lemas dan pasrah saat Della menarik tangannya kembali. Galang kecewa, dia hancur, tapi tetap dia gak mau mengakuinnya. Dia berusaha untuk tegar. Jadi dia hanya bisa tersenyum mendengar jawaban dari Della. Meskipun begitu dia gak bisa membohongi hatinya yang hancur pada saat itu. “ Oh, Yaw dah gua bisa terima koq. Gua gak mungkinkan maksa lo, namanya juga perasaan. Lagian gua juga cuman takut nyesel kalo gak bilang kaya gitu. “ jawab Galang sok tegar. “ Oh, yawdah gua pulang duluan ya, Lang…” Della berjalan keluar kelas dengan perasaan sedikit besalah. “ Semoga lo dapat cewe’ yang lebih baik dari gua. “ Della berkata sebelum meninggalkan kelas tanpa melihat Galang. “ Gak.. Gua bakal nunggu lo hingga lo siap nerima gua.. “ ucap Galang lirih nyaris tanpa suara. Hujan yang sangat deras tiba-tiba turun tanpa disangka. Petir menyambar-menyambar, orang-orang yang sedari tadi memenuhi lapangan untuk latihan upacara serentak berlari untuk berteduh. Mungkin langit sedang merasakan rasa sedih yang di alami Galang pada saat itu. 3 hari kemudian…. Hari ini Della akan pindah sekolah. Tentu saja Galang sangat sedih. Tapi emang dasar nie cowo’ gak mau kehilangan muka, dia masih saja sok tegar. Meskipun demikian Galang sudah membelikan kenang- kenangan untuk Della. Rencananya Galang akan memberikan kenang- kenangan tersebut sepulang sekolah. Hari ini semuanya berjalan lancar. Waktu seakan bergerak sangat cepat. Mungkin tuhan mengabulkan doanya untuk bertemu Della secepatnya. Tak terasa Bel pulang berdentang, kontan saja hal ini membuat Galang senang sekaligus sedih. Senang karena dapat melihat wajah Della untuk terakhir kalinya dan sedih karena mungkin mereka gak bakal pernah bertemu lagi. Setelah membereskan buku-buku pelajaran, Galang langsung mengambil sebuah Aquarium mini dari lacinya. Aquarium itu terlihat sangat manis dengan sentuhan pita dia atasnya. Di dalamnya terlihat seekor ikan mas koki yang sangat cantik dengan warna yang sangat indah sedang berenang kesana-kemari, Galang ingin memberikan ikan ini karena ia tahu bahwa Della sangat menyukai ikan mas koki. Setelah mengambil bingkisan tersebut Galang langsung saja berlari keluar kelas tanpa menghampiri kedua sahabatnya terlebih dahulu. Sebenarnya Akhir-akhir ini Adi dan Kurnia merasa di cuekin oleh Galang. Gimana mereka gak berpikir kaya gitu coba tiap hari Galang selalu saja sibuk dengan urusannya sendiri seakan dia lupa bahwa ia memiliki dua orang sahabat yang selama ini udah care sama dia. Ya, kedua sahabatnya hanya bisa menghela napas menghadapi Galang. Galang berlari menyusuri koridor kelas. Seperti 3 hari yang lalu ia sekarang berlari menuju kelas yang berada di pojok koridor, kelas Della. Setelah mendekati kelas Della, Galang sengaja menurunkan kecepatannya untuk membuat kejutan kepada Della. Galang berjalan sangat hati-hati sekali, dan alangkah kagetnya ia saat melihat Della sedang berpelukan dan berciuman dengan seorang cowo’, sepertinya cowo’ itu adalah pacarnya Della. Seketika saja pikiran Galang Berkelebat kembali ke 3 hari yang lalu saat Della menolak Galang dan saat Della mengatakan komitmennya. Hati Galang yang rapuh kembali hancur melihat kejadian tersebut. Galang berlari sekuat tenaga ia sudah lupa dengan tujuan awalnya . “ Dasar ternyata semua cewe’ itu munafik..!! “ Galang berteriak di sela larinya. Galang berlari menuju sebuah kolam ikan yang berada di pojok sekolahnya. Sesampainya di sana Galang melepaskan ikan mas koki yang awalnya ingin ia berikan untuk kenang- kenangan kepergian Della. Sejenak ia terdiam pikirannya melayang dia merasa di bohongi oleh Della. Hanya karena Della, pola pikir Galang berubah semenjak itu dia menilai semua cewe’ itu sama dengan Della mereka sama-sama gak bisa menjaga komitmennya sendiri, mereka egois. PRAANG…!! Galang meninju Aquarium kecil yang bertuliskan nama Della. Darah segar mengucur dari tinjunya tapi tak sedikitpun rasa sakit yang ia rasakan karena mungkin hanya itu yang bisa ia lakukan untuk meredakan emosinya yang sedang meluap-luap. Sudah sejam berlalu sejak kejadian itu, tapi Galang masih saja berada di kolam ikan itu. Sekarang dia sudah terlhat lebih tenang, darah di tangannya pun sudah berhenti. Tiba-tiba hujan turun dengan derasnya bahkan lebih deras dibanding dengan hujan yang turun 3 hari yang lalu. Seluruh tubuh Galang sekarang sudah basah kuyup, tubuhnya melemah tanpa tenaga bahkan untuk berteduh pun ia sudah tak punya tenaga. Saat dirinya akan tumbang datang 2 orang pemuda yang sepertinya sangat khawatir dengan keadaan Galang. Ya, mereka adalah Adi dan kurnia, mereka berdua langsung saja memapah tubuh Galang untuk menuju ruang UKS. Sesaat setelah di papah Galang berkata dengan sangat pelan nyaris tanpa suara. “ Cewe’ itu munafik teman-teman..” selesai berkata tersebut Galang tumbang dan tak sadarkan diri. Sekarang… “ Lang, ayo pulang sudah sore.. nenek mau masak untuk makan malam nie..” ucap nenek dengan lembut dan seketika saja lamunan Galang akan masa lalunya buyar.. “ Ayo, nek..! Galang juga dah laper nie.. Hehe… bikin masakan yang enak ya nenek..” Jawab Galang dengan nada manjanya. Galang memang hebat ia bisa menyembunyikan masalahnya bahkan dari nenek dan sahabat-sahabatnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar